Untuk Ukhti yang sangat Ummi sayangi,,
Ukhti, anakku..dengarkanlah…
Tak terasa kau sudah menginjak usia remaja. Ummi senang melihatmu tumbuh semakin dewasa dan kau nampak begitu cantik.Ummi tahu, sekarang kau bukan lagi gadis kecil Ummi yang selalu menangis manja dikala Ummi tidak menuruti kemauanmu, kau bukan lagi gadis kecil yang penuh dengan kebebasan bermain dengan siapapun.
Ketahuilah anakku,,
Sekarang dunia kecilmu mulai berlalu pergi meninggalkan sejuta kenangan masa kecilmu. Kini kau harus siap menghadapi dunia remajamu yang penuh dengan liku-liku cobaan. Kau jangan takut menjalani duniamu yang baru. Kau cukup membekali dirimu dengan pengetahuan agama dan iman yang ada pada dirimu. Selama kau berada di jalan Allah, Ummi yakin kau akan merasa aman-aman saja.
Sebelum kau beranjak pergi meninggalkan dunia kecilmu, Ummi hanya ingin berpesan kepadamu.
Ummi harap, kau menuruti pesan Ummi. Ummi tidak ingin kau mengabaikannya. Ini cukup serius untuk bekal perjalanan masa depanmu.
Anakku,,,
Ummi berharap kau menutup auratmu kapanpun dan dimanapun kau berada. Ulurkan jilbabmu hingga dada. Jangan sesekali kau membuka auratmu pada lelaki yang bukan mahrammu. Batasilah pergaulanmu dengan lawan jenismu. Ingat, kau bukan lagi gadis kecil. Sekarang kau punya perhiasaan yang harus benar-benar kau jaga. Jika kau lalai, maka akan berakibat fatal. Ummi yakin, kau faham maksud Ummi.
Anakku,,,
Ummi juga pernah mengalami masa-masa remaja sepertimu. Ummi yakin, kau akan merasakan jatuh cinta pada lawan jenismu suatu saat nanti. Karena rasa itu sudah manusiawi.  Jika rasa itu sudah menghampirimu, kau akan diterjang musibah yang lebih berat. Disinilah imanmu akan di uji. Jangan turuti hawa nafsumu jika kau ingin selamat. Kendalikan perasaanmu dan yakinlah Allah sudah menyiapkan lelaki idaman yang  jauh lebih baik di Lauh Mahfudz. Jangan kau khianati lelaki pilihan Allah. Kau harus tetap menunggu dan bersabarlah. Jaga dirimu sebaik mungkin. Kau pasti akan dipertemukan dengan calon imammu dalam keadaan baik layaknya dirimu. Jika kau diganggu oleh lelaki, jangan kau hiraukan dan mendekatlah pada Allah. Rajin-rajinlah beribadah, dirikan sholat baik fardhu ataupun sunnah. Baca Al-qur’an dan pahamilah. Jika kau bisa memahami, amalkanlah. Ummi yakin, kau pasti bisa.
Anakku,,,
Pilihlah teman yang bisa membawamu ke arah yang lebih baik, bukan malah menjerumuskanmu. Kau bukanlah gadis bodoh yang tidak bisa membedakan mana teman yang baik atau tidak bagimu. Sebenarnya, Ummi mengijinkan kau berteman dengan siapa saja. Tapi, melihat kau masih asing dengan dunia barumu, alangkah baiknya kau berteman dengan orang-orang yang baik menurut islam agar kau tidak terjerumus.
Anakku,,,
Mungkin Ummi cukup cerewet. Tapi, Ummi menasehatimu begini karena Ummi sayang dan peduli padamu. Janganlah kau berpikir bahwa Ummi jahat, Ummi Egois, Ummi gak gaul atau apalah. Ini semua demi kebaikanmu putriku…
Mengertilah…
Ummi sangat menyayangimu melebihi apapun di dunia ini,,
Ummi hanya ingin kau menjadi muslimah, anakku..
Muslimah sejati…

Ukhti, Ummi uhibbuki fillah..