‘Stenis Muda’, begitulah kami menyebut diri kami. Cukup berat tuk menggapai sebutan ‘Stenis Muda’. Jangan dikira ini hanya sekedar tugas kuliah yang bersifat sementara. Bukan. Ini bukan sekedar tentang tugas kuliah, melainkan tentang arti perjuangan menggapai ilmu. Ilmu tentang menghadapi pahitnya hidup dan menerima realita. Di balik ‘Tracheophyta’, kami harus jungkir balik, lompat, jongkok, manjat, jatuh atau bahkan tergelincir. Tak jarang pula, diantara kami harus menangis gara-gara ‘Tracheophyta’ yang sulit ditemukan karena habitatnya yang unik. Beberapa diantara kami, ada yang sering mampir ke selokan, dikejar polisi hutan, hujan-hujanan, hanya untuk mengambil ‘Tracheophyta’. Ah…
Kami sering tidak tidur hanya karena ‘Tracheophyta’. Malam-malam kami habis terkuras. Lelah? Iya. Bahkan, pernah saya berjalan sendirian di Splendid Malang seperti orang linglung, tanya sana sini untuk sekedar mencari pedagang bunga yang menjual ‘Tracheophyta’. Langkah kaki saya tak tau harus berhenti dimana. Bolak-balik saya memutari Splendid dengan wajah serius mengamati tumbuhan satu per satu, mencari tumbuhan yang berspora. Hingga akhirnya, kaki saya memutuskan untuk berhenti pada salah satu toko bunga. Saya tertarik dengan salah satu genus ‘Tracheophyta’. Dalam dunia kami, kami menyebutnya si ‘Selaginella’. Sayangnya, pedagang bunga itu hanya menjual 2 spesies Selaginella. Itu tandanya, saya dan partner saya harus mencari spesies Selaginella yang lain. Minimal, kami harus menemukan 5 spesies.
Selaginella oh selaginella. Gara-gara Selaginella, kami harus jongkok dan mencium bau selokan. Sungguh, seolah-olah hidup kami tak jauh dari selokan. Beruntungnya, selokan itu tidak digunakan untuk pembuangan limbah, ya hanya sampah-sampah kering.
Seiring berjalannya waktu, akhirnya kami sampai pada tahap akhir. Tugas terakhir, mencari 30 spesies ‘Tracheophyta’ di hutan Pronojiwo, Lumajang. Seru? Iya. Melelahkan? Sangat-sangat lelah. Tapi, dibalik itu semua, kami menjadi paham bahwa ketika kita ingin menggapai sesuatu yang diimpikan, kita harus siap berjuang dan berkorban serta berdoa untuk mendapatkannya. Ini bukan sekedar kata bijak. Pahamilah.